Yaaayy! Akhirnya Mas Nara jadi anak gede tanpa pampers

by - 11:23 AM

Haiii buibu!

Belum sempetnya atau sampe lupa sih sebenernya mau cerita soal sukses menyapih waktu umur 2 tahun di blog. Ntar ya menyusul hihi

Jadi di usia mas Nara yang 2.5 bulanan akhirnya dia resmi bukan anak kecil berpampers lagi hehehehe. Mungkin untuk beberapa orang ini yah biasa aja karena ada yang udah toilet training anaknya sejak umur 1 taunan, 2 taunan dsb dsb…

Tapi mungkin juga untuk sebagian orang ini termasuk cepet. Di usia 2.5 tahun udah gak pake pampers dan gak ngompol. Menurutku, definisi cepet dan lambat itu dari siapa? DSA kah? Artikel majalah kah? Buku parenting?

Urusan parenting emang super duper sulit sih. Udah sulit, belum lagi denger komentar orang yang tentang bagaimana kita “seharusnya” jadi orang tua. Itu kan definisi mereka, definisi kita sendiri kan beda. Hehe Menurutku, parenting itu punya waktunya sendiri-sendiri dan aturannya sendiri. As long as tidak menyakiti si anak dan membahayakan anak yaudah biarkan si orang tua mau seperti apa, yang pasti lebih ngerti tentang anaknya sendiri.

Menurutku lagi, orang yang lebih tua dan yang udah pengalaman karena anaknya banyak itu juga gak selalu tentu bener kok. Karena kan sifat orang beda-beda, datang dari background berbeda, jadi kalau cara parenting berbeda pun ya sah-sah aja. Asal tadi, tidak menyakiti dan membahayakan anak yaudah gpp.

Anyway, balik lagi ya ke toilet training. Jadi awalnya aku seperti biasa, gak ada goal atau visi Mas Nara harus berenti pake pampers usia segini dan segitu. Gak ada, karena gue tipe orang yang parentingnya santai. Jujur aja, gue gak suka dibebanin karena ngurus anak aja udh penuh tantangan ngapain gue pikirin banget sampe tertekan hahahaha. Yang kenal gue banget tau deh gue sesantai itu dari mulai ASI dll tapi alhamdullilah malah terpenuhi. Kadang sesuatu yang kita pikirin banget malah bikin tertekan dan malah tambah sulit! Yes?


Jadi sebagai orang yang santai gue pikir yaudah coba-coba aja dulu kayaknya nih anak udah bisa soalnya,
1. Ngomong udah lancar,
2. Udah diajak ke toilet dari 2 bulam sebelumnya kalo guenya gak males (HAHA) dan dia bisa pup di toilet.

Jadi, gini timelinenya:

Januari – Mas Nara udah beberapa kali gue ajak ke toilet dan dia pup di toilet.
Februari _ Mas Nara udah mulai belajar pipis ke toilet, tapi tetep masih suka gak bilang kalo mau pipis, anyway gpp juga karena gue masih pakein pampers all the time
Maret – Mulai gak pakai pampers di siang hari selama di rumah, kecuali malam mau tidur aja. Masih suka ngompol di siang hari kalo gak pake pampers
April – Berhasil sama sekali udah gak pakai pampers dan gak ngompol sama sekali

Awalnya yang harus dilakukan kalau mau toilet training anak adalah: NIAT!

Hahahahahaha iya niat ibu atau keluarga di rumah yang biasa ngurusin anak. Soalnya ini tuh gak sesulit yang dibayangin, pastilah ada trial error alias anak ngompol here and there awal-awal. But, it’s not that bad.

Awalnya gue yg mager ini mikir “males juga sih ngurusin ngompol, ganti seprai, dll… dll…” Tapi gak seburuk itu kok. It just in our mind hihi

Kumpulin NIAT dulu dari Ibunya, dan cari bantuan, missal bareng suami atau mba yang bantu urus anak.

Kedua, KONSISTEN. iya kita sebagai Ibunya harus konsisten, jangan mager hahaha. Gue awalnya mager harus nganterin ke kamar mandi apa lagi kalo malem.

Tips dari gue gini: Minum susu atau minum yang banyak itu harus dijeda at least 30 menit sebelum dia tidur malem. Terus let say, pipis terakhir dia jam 8.30 malam tapi dia sampe jam 9.30 belum tidur dan sepertinya akan mau tidur? Nah yaudah ajak ke toilet lagi deh tuh biar aman.

Jadwal mas Nara sejak #dirumahaja kan tidurnya jd agak malem yaa nah kayak gini:
Jam 8.15 Mas Nara minum susu
Jam 8.40 ganti baju, cuci kaki, pipis dll
Jam 9.30 kalo belum bobo ya ajak pipis lagi
Kalo udah bobo yaudah gpp dan alhamdullilah dia gak pernah bangun tengah malam untuk pipis. Jadi begitu bangun tidur pagi jedalah 10-15 menit dia gue ajak ke toilet.

Kuncinya ya buibu, NIAT & KONSISTEN. (not that hard really!)
Butuh kurang-lebih 3 minggu aja dari full pakai pampers sampai gak pakai pampers sama sekali buat Mas Nara udah bisa menahan pipis & pupnya sampe nemu toilet.

Satu lagi ya buibu, ketika udah yakin anak bisa ke toilet, yaudah mereka pasti bisa. Jangan ragukan kepintaran anak-anak ini ya hehehe. Dan cuma Buibu sendiri yang tau kapan waktunya. Don’t get pressure from others, because we are all different anyway.

Tapi kalo yang mau mulai sekarang, kenapa gak? Mumpung lg #dirumahaja lumayan kan sambil ngajarin anak ke toilet hihi. Good luck! Kalo mau tanya2 monggo ke DM di @cellinikamil atau di blog yaah J

You May Also Like

0 comments